LAPORAN MATERIAL TEKNIK UJI TARIK


BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
          Suatu logam mempunyai sifat-sifat tertentu yang dibedakan atas sifat fisik, mekanik, thermal, dan korosif. Salah satu yang penting dari sifat tersebut adalah sifat mekanik. Sifat mekanik terdiri dari keuletan, kekerasan, kekuatan, dan ketangguhan. Sifat mekanik merupakan salah satu acuan untuk melakukan proses selanjutnya terhadap suatu material, contohnya untuk dibentuk dan dilakukan proses permesinan. Untuk mengetahui sifat mekanik pada suatu logam harus dilakukan pengujian terhadap logam tersebut. Salah satu pengujian yang dilakukan adalah pengujian tarik.
             Dalam pembuatan suatu konstruksi diperlukan material dengan spesifikasi dan sifat-sifat yang khusus pada setiap bagiannya. Sebagai contoh dalam pembuatan konstruksi sebuah jembatan. Diperlukan material yang kuat untuk menerima beban diatasnya. Material juga harus elastis agar pada saat terjadi pembebanan standar atau berlebih tidak patah. Salah satu contoh material yang sekarang banyak digunakan pada konstruksi bangunan atau umum adalah logam.
          Meskipun dalam proses pembuatannya telah diprediksikan sifat mekanik dari logam tersebut, kita perlu benar-benar mengetahui nilai mutlak dan akurat dari sifat mekanik logam tersebut. Oleh karena itu, sekarang ini banyak dilakukan pengujian-pengujian terhadap sampel dari material.
Pengujian ini dimaksudkan agar kita dapat mengetahui besar sifat mekanik dari material, sehingga dapat dlihat kelebihan dan kekurangannya. Material yang mempunyai sifat mekanik lebih baik dapat memperbaiki sifat mekanik dari material dengan sifat yang kurang baik dengan cara alloying. Hal ini dilakukan sesuai kebutuhan konstruksi dan pesanan.
          Uji tarik adalah suatu metode yang digunakan untuk menguji kekuatan suatu bahan/material dengan cara memberikan beban gaya yang sesumbu. Hasil yang didapatkan dari pengujian tarik sangat penting untuk rekayasa teknik dan desain produk karena mengahsilkan data kekuatan material. Pengujian uji tarik digunakan untuk mengukur ketahanan suatu material terhadap gaya statis yang diberikan secara lambat.Salah satu cara untuk mengetahui besaran sifat mekanik dari logam adalah dengan uji tarik. Sifat mekanik yang dapat diketahui adalah kekuatan dan elastisitas dari logam tersebut. Uji tarik banyak dilakukan untuk melengkapi informasi rancangan dasar kekuatan suatu bahan dan sebagai data pendukung bagi spesifikasi bahan. Nilai kekuatan dan elastisitas dari material uji dapat dilihat dari kurva uji tarik.
       Pengujian tarik ini dilakukan untuk mengetahui sifat-sifat mekanis suatu material, khususnya logam diantara sifat-sifat mekanis yang dapat diketahui dari hasil pengujian tarik adalah sebagai berikut:
  1. Kekuatan tarik
  2. Kuat luluh dari material
  3. Keuletan dari material
  4. Modulus elastic dari material
  5. Kelentingan dari suatu material
  6. Ketangguhan.
       Pengujian tarik banyak dilakukan untuk melengkapi informasi rancangan dasar kekuatan suatu bahan dan sebagai data pendukung bagi spesifikasi bahan. Karena dengan pengujian tarik dapat diukur ketahanan suatu material terhadap gaya statis yang diberikan secara perlahan. Pengujian tarik ini merupakan salah satu pengujian yang penting untuk dilakukan, karena dengan pengujian ini dapat memberikan berbagai informasi mengenai sifat-sifat logam.
       Dalam bidang industri diperlukan pengujian tarik ini untuk mempertimbangkan faktor metalurgi dan faktor mekanis yang tercakup dalam proses perlakuan terhadap logam jadi, untuk memenuhi proses selanjutnya.
        Oleh karena pentingnya pengujian tarik ini, kita sebagai mahasiswa metalurgi hendaknya mengetahui mengenai pengujian ini. Dengan adanya kurva tegangan regangan kita dapat mengetahui kekuatan tarik, kekuatan luluh, keuletan, modulus elastisitas, ketangguhan, dan lain-lain. Pada pegujian tarik ini kita juga harus mengetahui dampak  pengujian terhadap sifat mekanis dan fisik suatu logam. Dengan mengetahui parameter-parameter tersebut maka kita dapat data dasar mengenai kekuatan suatu bahan atau logam.
1.2   Tujuan Percobaan
     Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengetahui kekuatan bahan logam melalui pemahaman dan pendalaman kurva hasil uji tarik.
1.3  Batasan Masalah
       Batasan masalah dalam percobaan ini yaitu melakukan pengujian pada sampel yang berbentuk pelat dan kawat sampai sampel tersebut putus. Dari hasil pengujian yang diperoleh, mencari berapa besar yield strength, tensile strength dan persentase elongasinya.
1.4  Sistematika Penulisan
    Penulisan laporan ini dibagi menjadi lima bab. Bab I menjelaskan mengenai latar belakang, tujuan percobaan, batasan masalah, sistematika penulisan. Bab II menjelaskan mengenai tinjauan pustaka yang berisi mengenai teori singkat dari percobaan yang dilakukan, Bab III menjelaskan mengenai metode penelitian, Bab IV menjelaskan mengenai data percobaan, Bab V menjelaskan mengenai pembahasan dan Bab VI menjelaskan mengenai kesimpulan dari percobaan. Selain itu juga di akhir laporan terdapat lampiran yang memuat contoh perhitungan, jawaban pertanyaan dan tugas serta terdapat juga blangko percobaan.

TINJAUAN PUSTAKA

BAB II
2.1  Dasar Pengujian Logam
       Uji tarik adalah suatu metode yang digunakan untuk menguji kekuatan suatu bahan/material dengan cara memberikan beban gaya yang sesumbu [Askeland, 1985]. Hasil yang didapatkan dari pengujian tarik sangat penting untuk rekayasa teknik dan desain produk karena mengahsilkan data kekuatan material. Pengujian uji tarik digunakan untuk mengukur ketahanan suatu material terhadap gaya statis yang diberikan secara lambat.
Gambar 1. Mesin uji tarik dilengkapi spesimen ukuran standar.
    Seperti pada gambar 1 benda yang di uji tarik diberi pembebanan pada kedua arah sumbunya. Pemberian beban pada kedua arah sumbunya diberi beban yang sama besarnya.
Pengujian tarik adalah dasar dari pengujian mekanik yang dipergunakan pada material. Dimana spesimen uji yang telah distandarisasi, dilakukan pembebanan uniaxial sehingga spesimen uji mengalami peregangan dan bertambah panjang hingga akhirnya patah. Pengujian tarik relatif sederhana, murah dan sangat terstandarisasi dibanding pengujian lain. Hal-hal yang perlu diperhatikan agar penguijian menghasilkan nilai yang valid adalah; bentuk dan dimensi spesimen uji, pemilihan grips dan lain-lain.
  1. Bentuk dan Dimensi Spesimen uji
    Spesimen uji harus memenuhi standar dan spesifikasi dari ASTM E8 atau D638. Bentuk dari spesimen penting karena kita harus menghindari terjadinya patah atau retak pada daerah grip atau yang lainnya. Jadi standarisasi dari bentuk spesimen uji dimaksudkan agar retak dan patahan terjadi di daerah gage length.
  1. b.      Grip and Face Selection
    Face dan grip adalah faktor penting. Dengan pemilihan setting yang tidak tepat, spesimen uji akan terjadi slip atau bahkan pecah dalam daerah grip (jaw break). Ini akan menghasilkan hasil yang tidak valid. Face harus selalu tertutupi di seluruh permukaan yang kontak dengan grip. Agar spesimen uji tidak bergesekan langsung dengan face.
Beban yang diberikan pada bahan yang di uji ditransmisikan pada pegangan bahan yang di uji. Dimensi dan ukuran pada benda uji disesuaikan dengan estándar baku pengujian.
Gambar 2. Dimensi dan ukuran spesimen untuk uji tarik
 Kurva tegangan-regangan teknik dibuat dari hasil pengujian yang didapatkan.



Gambar  3.  Contoh kurva uji tarik


     Tegangan yang digunakan pada kurva adalah tegangan membujur rata-rata dari pengujian tarik. Tegangan teknik tersebut diperoleh dengan cara membagi beban yang diberikan dibagi dengan luas awal penampang benda uji. Dituliskan seperti dalam persamaan 2.1 berikut:
s= P/A0
Keterangan ;     s   : besarnya tegangan (kg/mm2)
P   : beban yang diberikan (kg)
A0 : Luas penampang awal benda uji (mm2)
Regangan yang digunakan untuk kurva tegangan-regangan teknik adalah regangan linier rata-rata, yang diperoleh dengan cara membagi perpanjangan yang dihasilkan setelah pengujian dilakukan dengan panjang awal. Dituliskan seperti dalam persamaan 2.2 berikut.

Keterangan ;  e   : Besar regangan
L   : Panjang benda uji setelah pengujian (mm)
Lo : Panjang awal benda uji (mm)
     Bentuk dan besaran pada kurva tegangan-regangan suatu logam tergantung pada komposisi, perlakuan panas, deformasi plastik, laju regangan, temperatur dan keadaan tegangan yang menentukan selama pengujian. Parameter-parameter yang digunakan untuk menggambarkan kurva tegangan-regangan logam adalah kekuatan tarik, kekuatan luluh atau titik luluh, persen perpanjangan dan pengurangan luas. Dan parameter pertama adalah parameter kekuatan, sedangkan dua yang terakhir menyatakan keuletan bahan.
Bentuk kurva tegangan-regangan pada daerah elastis tegangan berbanding lurus terhadap regangan. Deformasi tidak berubah pada pembebanan, daerah remangan yang tidak menimbulkan deformasi apabila beban dihilangkan disebut daerah elastis. Apabila beban melampaui nilai yang berkaitan dengan kekuatan luluh, benda mengalami deformasi plastis bruto. Deformasi pada daerah ini bersifat permanen, meskipun bebannya dihilangkan. Tegangan yang dibutuhkan untuk menghasilkan deformasi plastis akan bertambah besar dengan bertambahnya regangan plastik.
Pada tegangan dan regangan yang dihasilkan, dapat diketahui nilai modulus elastisitas. Persamaannya dituliskan dalam persamaan
Keterangan ;    E  : Besar modulus elastisitas (kg/mm2),
e : regangan
σ  : Tegangan (kg/mm2)
    Pada mulanya pengerasan regang lebih besar dari yang dibutuhkan untuk mengimbangi penurunan luas penampang lintang benda uji dan tegangan teknik (sebanding dengan beban F) yang bertambah terus, dengan bertambahnya regangan. Akhirnya dicapai suatu titik di mana pengurangan luas penampang lintang lebih besar dibandingkan pertambahan deformasi beban yang diakibatkan oleh pengerasan regang. Keadaan ini untuk pertama kalinya dicapai pada suatu titik dalam benda uji yang sedikit lebih lemah dibandingkan dengan keadaan tanpa beban. Seluruh deformasi plastis berikutnya terpusat pada daerah tersebut dan benda uji mulai mengalami penyempitan secara lokal. Karena penurunan luas penampang lintang lebih cepat daripada pertambahan deformasi akibat pengerasan regang, beban sebenarnya yang diperlukan untuk mengubah bentuk benda uji akan berkurang dan demikian juga tegangan teknik pada persamaan (1) akan berkurang hingga terjadi patah.
Dari kurva uji tarik yang diperoleh dari hasil pengujian akan didapatkan beberapa sifat mekanik yang dimiliki oleh benda uji, sifat-sifat tersebut antara lain [Dieter, 1993]:
  1. Kekuatan tarik
  2. Kuat luluh dari material
  3. Keuletan dari material
  4. Modulus elastic dari material
  5. Kelentingan dari suatu material
  6. Ketangguhan.
2.2  Kekuatan Tarik
    Kekuatan yang biasanya ditentukan dari suatu hasil pengujian tarik adalah kuat luluh (Yield Strength) dan kuat tarik (Ultimate Tensile Strength). Kekuatan tarik atau kekuatan tarik maksimum (Ultimate Tensile Strength / UTS), adalah beban maksimum dibagi luas penampang lintang awal benda uji.
di mana, Su        = Kuat tarik
                   Pmaks  = Beban maksimum
A0       = Luas penampang awal
     Untuk logam-logam yang liat kekuatan tariknya harus dikaitkan dengan beban maksimum dimana logam dapat menahan sesumbu untuk keadaan yang sangat terbatas.
Tegangan tarik adalah nilai yang paling sering dituliskan sebagai hasil suatu uji tarik, tetapi pada kenyataannya nilai tersebut kurang bersifat mendasar dalam kaitannya dengan kekuatan bahan. Untuk logam-logam yang liat kekuatan tariknya harus dikaitkan dengan beban maksimum, di mana logam dapat menahan beban sesumbu untuk keadaan yang sangat terbatas. Akan ditunjukkan bahwa nilai tersebut kaitannya dengan kekuatan logam kecil sekali kegunaannya untuk tegangan yang lebih kompleks, yakni yang biasanya ditemui. Untuk berapa lama, telah menjadi kebiasaan mendasarkan kekuatan struktur pada kekuatan tarik, dikurangi dengan faktor keamanan yang sesuai.
  Kecenderungan yang banyak ditemui adalah menggunakan pendekatan yang lebih rasional yakni mendasarkan rancangan statis logam yang liat pada kekuatan luluhnya. Akan tetapi, karena jauh lebih praktis menggunakan kekuatan tarik untuk menentukan kekuatan bahan, maka metode ini lebih banyak dikenal, dan merupakan metode identifikasi bahan yang sangat berguna, mirip dengan kegunaan komposisi kimia untuk mengenali logam atau bahan. Selanjutnya, karena kekuatan tarik mudah ditentukan dan merupakan sifat yang mudah dihasilkan kembali (reproducible). Kekuatan tersebut berguna untuk keperluan spesifikasi dan kontrol kualitas bahan. Korelasi empiris yang diperluas antara kekuatan tarik dan sifat-sifat bahan misalnya kekerasan dan kekuatan lelah, sering dipergunakan. Untuk bahan-bahan yang getas, kekuatan tarik merupakan kriteria yang tepat untuk keperluan perancangan.
    Tegangan di mana deformasi plastik atau batas luluh mulai teramati tergantung pada kepekaan pengukuran regangan. Sebagian besar bahan mengalami perubahan sifat dari elastik menjadi plastik yang berlangsung sedikit demi sedikit, dan titik di mana deformasi plastik mulai terjadi dan sukar ditentukan secara teliti. Telah digunakan berbagai kriteria permulaan batas luluh yang tergantung pada ketelitian pengukuran regangan dan data-data yang akan digunakan.
  1. Batas elastik sejati berdasarkan pada pengukuran regangan mikro pada skala regangan 2 X 10-6 inci/inci. Batas elastik nilainya sangat rendah dan dikaitkan dengan gerakan beberapa ratus dislokasi.
  2. Batas proporsional adalah tegangan tertinggi untuk daerah hubungan proporsional antara tegangan-regangan. Harga ini diperoleh dengan cara mengamati penyimpangan dari bagian garis lurus kurva tegangan-regangan.
  3. Batas elastik adalah tegangan terbesar yang masih dapat ditahan oleh bahan tanpa terjadi regangan sisa permanen yang terukur pada saat beban telah ditiadakan. Dengan bertambahnya ketelitian pengukuran regangan, nilai batas elastiknya menurun hingga suatu batas yang sama dengan batas elastik sejati yang diperoleh dengan cara pengukuran regangan mikro. Dengan ketelitian regangan yang sering digunakan pada kuliah rekayasa (10-4 inci/inci), batas elastik lebih besar daripada batas proporsional. Penentuan batas elastik memerlukan prosedur pengujian yang diberi beban-tak diberi beban (loading-unloading) yang membosankan.
2.3         Kekuatan luluh (yield strength)
   Salah satu kekuatan yang biasanya diketahui dari suatu hasil pengujian tarik adalah kuat luluh (Yield Strength). Kekuatan luluh ( yield strength) merupakan titik yang menunjukan perubahan dari deformasi elastis ke deformasi plastis [Dieter, 1993]. Besar tegangan luluh dituliskan seperti pada persamaan 2.4, sebagai berikut.
Keterangan ;   Ys  : Besarnya tegangan luluh (kg/mm2)
Py  : Besarnya beban di titik yield (kg)
Ao : Luas penampang awal benda uji (mm2)
Tegangan di mana deformasi plastis atau batas luluh mulai teramati tergantung pada kepekaan pengukuran regangan. Sebagian besar bahan mengalami perubahan sifat dari elastik menjadi plastis yang berlangsung sedikit demi sedikit, dan titik di mana deformasi plastis mulai terjadi dan sukar ditentukan secara teliti.
Kekuatan luluh adalah tegangan yang dibutuhkan untuk menghasilkan sejumlah kecil deformasi plastis yang ditetapkan. Definisi yang sering digunakan untuk sifat ini adalah kekuatan luluh ditentukan oleh tegangan yang berkaitan dengan perpotongan antara kurva tegangan-regangan dengan garis yang sejajar dengan elastis ofset kurva oleh regangan tertentu. Di Amerika Serikat offset biasanya ditentukan sebagai regangan 0,2 atau 0,1 persen (e = 0,002 atau 0,001)
    Cara yang baik untuk mengamati kekuatan luluh offset adalah setelah benda uji diberi pembebanan hingga 0,2% kekuatan luluh offset dan kemudian pada saat beban ditiadakan maka benda ujinya akan bertambah panjang 0,1 sampai dengan 0,2%, lebih panjang daripada saat dalam keadaan diam. Tegangan offset di Britania Raya sering dinyatakan sebagai tegangan uji (proff stress), di mana harga ofsetnya 0,1% atau 0,5%. Kekuatan luluh yang diperoleh dengan metode ofset biasanya dipergunakan untuk perancangan dan keperluan spesifikasi, karena metode tersebut terhindar dari kesukaran dalam pengukuran batas elastik atau batas proporsional.
2.4     Pengukuran Keliatan (keuletan)
Keuleten adalah kemampuan suatu bahan sewaktu menahan beban pada saat diberikan penetrasi dan akan kembali ke baentuk semula.Secara umum pengukuran keuletan dilakukan untuk memenuhi kepentingan tiga buah hal [Dieter, 1993]:
  1. Untuk menunjukan elongasi di mana suatu logam dapat berdeformasi tanpa terjadi patah dalam suatu proses suatu pembentukan logam, misalnya pengerolan dan ekstrusi.
  2. Untuk memberi petunjuk secara umum kepada perancang mengenai kemampuan logam untuk mengalir secara pelastis sebelum patah.
  3. Sebagai petunjuk adanya perubahan permukaan kemurnian atau kondisi pengolahan
2.5     Modulus Elastisitas
Modulus Elastisitas adalah ukuran kekuatan suatu bahan akan keelastisitasannya. Makin besar modulus, makin kecil regangan elastik yang dihasilkan akibat pemberian tegangan.Modulus elastisitas ditentukan oleh gaya ikat antar atom, karena gaya-gaya ini tidak dapat dirubah tanpa terjadi perubahan mendasar pada sifat bahannya. Maka modulus elastisitas salah satu sifat-sifat mekanik yang tidak dapat diubah. Sifat ini hanya sedikit berubah oleh adanya penambahan paduan, perlakuan panas, atau pengerjaan dingin.
Secara matematis persamaan modulus elastic dapat ditulis sebagai berikut.
Dimana, s = tegangan
ε = regangan
Tabel 1 Harga modulus elastisitas pada berbagai suhu [Askeland, 1985]

2.6         Kelentingan (resilience)
    Kelentingan adalah kemampuan suatu bahan untuk menyerap energi pada waktu berdeformasi secara elastis dan kembali kebentuk awal apabila bebannya dihilangkan [Dieter, 1993]. Kelentingan biasanya dinyatakan sebagai modulus kelentingan, yakni energi regangan tiap satuan volume yang dibutuhkan untuk menekan bahan dari tegangan nol hingga tegangan luluh σo. Energi regangan tiap satuan volume untuk beban tarik satu sumbu adalah :
Uo = ½ σxеx        
Dari definisi diatas, modulus kelentingan adalah :
   Persamaan ini menunjukan bahwa bahan ideal untuk menahan beban energi pada pemakaian di mana bahan tidak mengalami deformasi permanen, misal pegas mekanik, adalah data bahan yang memiliki tegangan luluh tinggi dan modulus elastisitas rendah.
2.7         Ketangguhan (Toughness)
Ketangguhan (Toughness) adalah kemampuan menyerap energi pada daerah plastik. Pada umumnya ketangguhan menggunakan konsep yang sukar dibuktikan atau didefinisikan. Salah satu menyatakan ketangguhan adalah meninjau luas keseluruhan daerah di bawah kurva tegangan-regangan. Luas ini menunjukan jumlah energi tiap satuan volume yang dapat dikenakan kepada bahan tanpa mengakibatkan pecah. Ketangguhan (S0) adalh perbandingan antara kekuatan dan kueletan. Persamaan sebagai berikut.
UTsu ef
atau
Untuk material yang getas
Keterangan;    UT  : Jumlah unit volume
     Tegangan patah sejati adalah beban pada waktu patah, dibagi luas penampang lintang. Tegangan ini harus dikoreksi untuk keadaan tegangan tiga sumbu yang terjadi pada benda uji tarik saat terjadi patah. Karena data yang diperlukan untuk koreksi seringkali tidak diperoleh, maka tegangan patah sejati sering tidak tepat nilai.


BAB III
METODE PERCOBAAN

3.1         Diagram Alir Percobaan
Untitled 
Gambar 4. Diagram alir proses percobaan pengujian uji tarik
3.2         Alat dan Bahan
3.2.1   Alat-Alat yang Digunakan
  1. Masin uji tarik
  2. Jangka sorong
  3. Meteran
3.2.2   Bahan-Bahan yang Digunakan
  1. Sampel berbentuk plat
  2. Sampel berbentuk kawat

3.3         Prosedur Percobaan
  1. Mengukur benda uji dengan ukuran standar
  2. Mengkur panjang awal (Lo) atau gage length dan luas penampang irisan benda uji.
  3. Mengukur benda uji pada pegangan (grip) atas dan pegangan bawah pada mesin uji tarik.
  4. Nyalakan mesin uji tarik dan lakukan pembebanan tarik sampai benda uji putus.
  5. Mencatat beban luluh dan beban putus yang terdapat pada skala.
  6. Melepaskan benda uji pada pegangan atas dan bawah, kemudian satukan keduanya seperti semula.
  7. Mengukur panjang regangan yang terjadi.
Halaman
BAB IV
DATA HASIL PERCOBAAN

4.1     Data Hasil Percobaan
Dari hasil percobaan pengujian tarik yang telah dilakukan, didapatkan data-data berikut,dengan spesimen uji adalah wire dan strip.
Tabel 2. Data hasil percobaan uji tarik
Benda Uji Standar
T
S
So
Lo
Fy
Fm
YS
TS
%EL
WIRE
2.2
200
250
3.79
1382
1384.5
364.64
365.303
23.28%
Δℓ= 46.5676

25%
PLATE
0.36
50
82
9
2735.5
2735.8
303.94
303.92
51.083%
Δℓ= 25.5419

64%

Keterangan :
T : Tebal Sampel Uji                      YS    : Yield strength
W : Lebar Sampel Uji                     TS    : Tensile strength
So : Luas Sampel Uji                     % EL : % elongation
Lo : Gage Lenght                            LI     : Perpanjangan
4.2       Pembahasan
   Pada percobaan uji tarik ini, menggunakan bahan alumunium berbentuk pelat dan kawat. Proses pengujiannya adalah dengan cara memasangkan specimen pada alat uji tarik. Dengan gaya yang sudah ditentukan pengujian dilakukan sampai terjadi fracture dan dapat diketahui UTS dan tegangan luluhnya.
4.2.1 Uji tarik kawat logam
      Berdasarkan hasil pengujian tarik pada bahan kawat yang dilakukan, didapatkan grafik sebagai berikut:
Untitled
Gambar 5 Grafik hasil uji tarik pada bahan kawat
     Dari gambar 5 dapat dilhat perubahan grafik dari deformasi elastis menjadi deformasi plastis, perubahan tersebut terjadi pada saat nilai mencapai 364,64 N/mm dan fenomena fracture terjadi pada saat regangan bertambah 200 mm.Ultimate Tensile Strengh yang dicapai oleh kawat dicapai pada saat nilai mencapai 365,303 N/mm dan tensile strength didapat sebesar 365,303N/mm dimana tensile strength ini adalah nilai akhir sebelum terjadinya patahan.Pertambahan panjang ini terjadi akibat gaya yang diberikan hingga mencapai putus dan terbukti makin besar tegangan maka makin panjang regangan yang didapat.

4.2.2 Uji tarik pelat logam
   Percobaan dengan menggunakan specimen uji berbeda dengan mengguanakan pelat terlihat sedikit perbedaan baik dari nilai maupun nilai pertambahan panjang karena specimen ketika mengalami patah ujung dari permukaan patahan menjadi tidak lurus melainkan patahannya miring. Perbandingan dapat dilihat pada gambar 7.
Untitled
Gambar 7 Grafik hasil uji tarik pada bahan pelat
      Dari gambar 7, titik yang menunjukan perubahan dari deformasi elastis ke deformasi plastis berada pada nilai 303.94 N/mm dapat diketahui bahwa nilai yang berada pada tittik tersebut menunjukkan kekuatan luluh (yield strength),  . Sedangkan nilai kekuatan tarik (tensile strength), yaitu merupakan titik akhir pengujian tarik yang ditandai dengan perpatahan berada pada nilai 2620 N/mm.
Pengujian yang sudah dilakukan mendapat perbedaan data yang dapat dibandingkan dari kedua jenis specimen yaitu specimen uji berbentuk kawat dan specimen uji berjenis pelat atau strip. Pada pengujian antara dua specimen ini terlihat bahwa kekuatan tarik makasimum kawat lebih besar dibandingkan kekuatan tarik maksimum pada pelat, tetapi kekuatan luluh pada kawat lebih rendah dibandingkan kekuatan luluh pada pelat.Faktor penyebab ini adalah perbedaan dimensi terutama dimensi standar yang digunakan berbeda-beda.
Pada perlakuan awal dari kedua specimen pun berbeda.Pada kawat merupakan hasil dari proses ektrusi (penarikan), yang menyebabkan sifat dari specimen uji menjadi lebih keras. Pada bahan pelat merupakan hasil dari proses pengerolan, yang mempunyai sifat lebih ulet dari kawat.
Dari kurva hasil uji tarik dapat diperoleh keterangan bahwa bahan yang berbentuk pelat lebih ulet dari pada bahan yang berbentuk kawat. Sebaliknya, bahan yang berbentuk kawat lebih keras dari pada bahan yang berbentuk pelat


KESIMPULAN DAN SARAN
BAB V
5.1 Kesimpulan
      Dari hasil percobaan pengujian tarik yang telah dilakukan, maka didapatkan beberapa kesimpulan, antara lain :
  1. Pada uji coba ini kita menguji ketahanan bahan materialnya sejauh mana pertambahan panjangnya dan bagaimana bahan tersebut bereaksi terhadap tarikan, berdasarkan hasil percobaan dan dari grafik kurva uji tarik, plat mengalami perpanjangan lebih kecil dari kawat dikarnakan luas penampang kawat lebih kecil dibanding plat
  2. Jenis material yang berbeda, dengan perlakuan yang didapatkannya berbeda dan komposisinya yang berbeda akan menyebabkan nilai kekuatannya berbeda pula dan kurva hasil uji tariknya juga berbeda.
  3. Faktor penyebab terjadinya nilai diantara dua specimen uji tersebut adalah dimensi yang berbeda dan perlakuan yang berbeda pula
5.2 Saran
      Setelah melakukan praktikum di hari yang lalu penulis menyarankan agar alat yang di gunakan (mesin uji tarik) untuk uji tarik harus di lengkapi dengan monitor yang mana langsung menampilkan kurva hasil uji tarik. Sehingga kesalahan praktikan dalam membuat kurva uji tarik dapad di minimalisir.


DAFTAR PUSTAKA
Dieter, E. George, 1993, “Metalurgi Mekanik”, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
http://www.calce.umd.edu/general/facilities/hardness_ed_.htm
http://www.geology.csupomona.edu/alert/mineral/hardness.htm
http://www.gordonengland.co.uk/hardness.htm
Tim Laboratorium metalurgi, 2009, “Panduan Praktikum Laboratorium Metalurgi II”, Cilegon: FT. Untirta.
Halaman

LAMPIRAN
Lampiran I. Perhitungan
Tabel 2. Data hasil percobaan uji tarik
Benda Uji Standar
T
S
So
Lo
Fy
Fm
YS
TS
%EL
WIRE
2.2
200
250
3.79
1382
1384.5
364.64
365.303
23.28%
Δℓ= 46.5676

25%
PLATE
0.36
50
82
9
2735.5
2735.8
303.94
303.92
51.083%
Δℓ= 25.5419

64%

Keterangan :
T : Tebal Sampel Uji                      YS    : Yield strength
W : Lebar Sampel Uji                     TS    : Tensile strength
So : Luas Sampel Uji                     % EL : % elongation
Lo : Gage Length                            LI     : Perpanjangan
  1. Logam Kawat
Gage Length: Lo = π (d/4)2= 3,79  mm2
Yield Strength: YS = Fy/So = 1382/3,79 = 364,64N/mm2
Tensile Strength: TS = Fm/So = 1384,5/3,79 = 365,303  N/mm2
Elongation: % EL = {(L1 – L0) : L0} x 100 % = 23,28%
  1. Logam pelat
Gage Length: Lo = 9 mm2
Yield Strength: YS = Fy/Lo = 2735.5/9 = 303,94 N/mm2
Tensile Strength: TS = Fm/Lo = 2735.8/9=303.92 N/mm2
Elongation: % EL = {(L1 – L0) : L0} x 100 % = 51.083%
Lampiran II. Jawaban pertanyaan
  1. Buat grafik hasil uji tarik, hubungan antara kekuatan (σ) dengan regangan (ε) dari data hasil pengujian tarik untuk specimen berdiamerer 1,5 inch berikut :
Tabel II.1 Data Hasil Pengujian Tarik
Load (lb)
Gage Length (In/in)
0
2.000
1000
2.001
3000
2.003
5000
2.005
7000
2.007
7500
2.030
7900
2.080
8000
2.120
8000 (Max)
2.106
7600 (fract)
2.205
Jawab :
Untitled
Gambar 8 Kurva Hasil Uji Tarik
2. Tentukan kuat luluh dan kuat tarik dari grafik soal no.1 !
Jawab :
  • Kuat luluh
Didapatkan dengan cara metode offset, yaitu pada tegangan sekitar 37500 psi dan pada regangan sekitar 1,5 x 10-5.
  • Kuat tarik (tensile strength)
3. Berdasarkan hal diatas berapakah beban yang diperlukan untuk menghasilkan tegangan 25000 psi pada spesimen berdiameter 1 in dan 2 in ?
Jawab :
  • Untuk yang berdiameter 1 in
  • Untuk yang berdiameter 2 in
4. Jelaskan manfaat hasil pengujian tarik dalam kehidupan sehari-sehari !
Jawab :
   Dari hasil pengujian tarik yang telah dilakukan dapat digunakan sebagai acuan untuk mendesain suatu produk. Dalam hasil pengujian tarik diperoleh nilai kekuatan suatu bahan, yang dimana terdapat nilai kekuatan luluh dan kekuatan tarik maksimumnya. Nilai dari kuat luluh dan kuat tarik tersebut dapat digunakan sebagai gambaran akan kekuatan logam tersebut.
5. Gambarkan dan jelaskan bentuk kurva uji tarik dari material lunak dan material getas. Dan sebutkan contoh jenis materialnya! Apa perbedaan dari kedua bentuk kurva tersebut ?
Jawab:
Untitled
Gambar  9  Kurva uji tarik untuk material ulet
Untitled
Gambar  10  Kurva uji tarik untuk material getas
   Pada daerah getas memiliki daerah elastis dan plastis yang kecil karena untuk material getas memiliki kemampuan untuk berdeformasinya kecil, baik deformasi elastis maupun plastis. contohnya pada baja AISI 4130. Dan untuk yang ulet memiliki daerah elastis dan plastis yang besar karena kemampuan untuk berdeformasinya tinggi, baik deformasi elastis maupun plastis. Contohnya pada baja HSS.
6. Apa yang dimaksud dengan metode offset dalam kurva uji tarik? Dan dalam keadaan yang bagaimana metode ini digunakan?
Jawab :
Metode offset merupakan metode untuk menentukan daerah kekuatan luluh suatu bahan dari hasil pengujian tarik. Metode ini dilakukan dengan cara menarik garis sejajar dengan daerah elastis pada kurva hasil uji tarik, dimana garik tersebut merupakan 2 % daerah elastisnya. Metoda offset digunakan bila dalam grafik hasil uji tarik tidak dicantumkan daerah luluhnya
7. Gambarkan secara lengkap ukuran spesimen uji yarik sesuai dengan standar API !
Jawab :
Untitled
Gambar  11 Dimensi dan ukuran spesimen uji tarik
berdasarkan API
8.Selain kekuatan, jelaskan sifat mekanik lain yang bisa ditentukan dengan uji tarik
Jawab :
  • Keuletan
Keuletan bisa terbaca dari besarnya daerah elastis dan plastas, serta dari patahan yang terjadi pada material. Dan dari persentase elongasinya.
  • Ketangguhan
Ketangguhan dapat teramati dari kemampuan bahan untuk menahan beban sampai patah. Dalam kurva bisa dilihat dari besar daerah elastis dan plastisnya.

 
Lampiran III. Gambar alat dan bahan
 Untitled
Gambar  12  Mesin uji tarik
Untitled
Gambar 13 Alat-alat ukur
Untitled
Gambar 14  Bahan uji

SEKILAS TENTANG BAHAN KONSTRUKSI SIPIL

SEKILAS TENTANG BAHAN KONSTRUKSI SIPIL

      Beberapa konstruksi sipil dapat menggunakan tanah dan agregat, yaitu :
a. bendungan tanah
b. tanggul sungai
c. kolam limbah
d. waduk air
e. bahan jalan raya
f. bahan jalan kereta api
g. timbunan tanah
    Masalah yang dapat dijumpai bila menggunakan tanah sebagai bahan konstruksi , al :
a. penimbunan tanah
b. stabilitas tanah
c. pemadatan tanah
Konstruksi sipil yang menggunakan bahan-bahan bertulang yaitu :
a. pondasi, sloof, kolom dan balok gedung biasa (non bertingkat)
b. pondasi, sloof, kolom dan balok serta lantai gedung bertingkat
c. jembatan jalan raya
d. tembok penahan tanah
e. bangunan lainnya
Konstruksi sipil yang menggunakan Bahan Beton Pracetak yaitu :
a. Pondasi tiang pancang
b. Sheet piles
c. Rioling
d. Jembatan prestress

2. PEMERIKSAAN SIFAT-SIFAT BAHAN UNTUK PEKERJAAN SIPIL

    Sifat-sifat tanah (Soil Properties) yang perlu diperiksa di laboratorium dan dilapangan untuk kepentingan perencanaan pondasi gedung, jembatan, tanki dan pekerjaan pondasi lainnya :
a. sifat-sifat fisis :
kadar air, berat isi, berat jenis, jenis tanah, klasifikasi tanah
b. sifat-sifat teknis :
kohesi, sudut geser tanah, kekuatan geser, index kompresi, koefisien
konsolidasi, koefisien permeability, letak muka air tanah
Sifat-sifat tanah yang perlu diperiksa untuk perencanaan kestabilan lereng yaitu :
a. sifat-sifat fisis :
    kadar air, berat isi, berat jenis, jenis tanah, klasifikasi tanah
b. sifat-sifat teknis :
    kohesi, sudut geser tanah
Sifat –sifat tanah untuik perencanaan timbunan :
a. untuk landasan/tanah dasar :
    sifat fisis     : kadar air, berat isi, berat jenis, jenis tanah, klasifikasi  tanah
sifat teknis : kohesi, sudut geser tanah, kekuatan geser, index kompresi,
koefisien konsolidasi, koefisien permeability, letak muka air
tanah
b. untuk bahan timbunan :
    sifat fisis     : kadar air, berat isi, berat jenis, jenis tanah, klasifikasi tanah
sifat teknis : kohesi, sudut geser, kadar air optimum, berat isi kering
maksumum.
    Sifat-sifat phisis bahan pondasi jalan raya perkerasan lentur :
a. sifat fisis     : berat jenis tanah, berat jenis dan penyerapan agregat
halus,berat jenis dan penyerapan agregat kasar, gradasi
butiran, batas cair,batas plastis, ekivalensi pasir.
b. Sifat teknis : kehil;angan berat karena keausan agregat kasar, standar
proctor, CBR terendam.


3. BEBERAPA METODE PENGUJIAN UMUM DALAM PEKERJAAN
SIPIL

     Pengujian untuk perencanaan pondasi :
percobaan kadar air, percobaan berat isi, percobaan berat jenis, analisa saringan, analisa hidrometer, percobaan batas atterberg, percobaan tekan bebas, percobaan geser langsung, percobaan geser tiga sumbu, percobaan konsolidasi.
    Pengujian tanah untuk timbunan :
percobaan berat jenis, percobaan analisa saringan, percobaan hidrometer,
percobaan batas atterberg, percobaan kepadatan standar, percobaan geser
langsung.
   Pengujian bahan beton :
- Pengujian semen : percobaan berat isi, percobaan berat jenis, kehalusan
semen, waktu pengikatan.
- Pengujian agregat halus : percobaan berat isi, percobaan berat  jenis dan
penyerapan agregat halus, analisa saringan, kotoran organik, ekivalensi
pasir.
- Pengujian agregat kasar : percobaan berat isi, percobaan berat  jenis dan
penyerapan agregat kasar, analisa saringan, keausan agregat kasar.
- Pengujian campuran beton : pembuatan dan perawatan sampel, berat isi
campuran beton, test kekantalan, test kekuatan hancur beton.
   Pengujian bahan tanah dasar perkerasan :
Pemeriksaan berat jenis, pemeriksaan analisa saringan,pemeriksaan  analisa
hidrometer, pemeriksaan batas cair, pemeriksaan plastis, pemeriksaan kepadatan
standar, CBR laboratorium.
   Pengujian bahan pondasi perkerasan lentur :
Percobaan berat jenis (tanah, agregat halus + penyerapan, agregat kasar + penyerapan), analisa saringan bahan gabungan, batas cair, batas plstis,test keausan, test kepadatan, CBR laboratorium.
   Pengujian aspal dan agregat sebagai lapis penutup type Lapen :
-  Berat jenis aspal, penetrasi aspal, destilasi aspal, pengaruh panas  dan udara
pada bahan aspal, titik letak aspal.
-  Analisa saringan, ketahanan terhadap keausan.
   Lapisan penutup hotmix :
Berdasarkan rancangan campuran bahan aspal yang lebih dikenal dengan istilah Job Mix Design atau Job Mix Formula.
   Job Mix Formula :
Fraksi agregat kasar (>2.36 mm), fraksi agregat halus (2.36-0.075 mm), fraksi filler (bukan pengisi), kandungan aspal efektif, kandungan aspal diserap, total kandungan aspal sebenarnya + tebal film aspal, kandungan rongga udara campuran padat, stabilisasi marshall + kuosien marshall, stabilitas marshall terendam.

laporan KKL

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kuliah kerja lapangan (KKL) adalah satu jenis kegiatan pembelajaran yang dilakukan diluar lingkungan sekolah untuk memberikan wawasan sebenarnya bidang pekerjaan yang sesuai dengan program keahlian. Proses belajar mengajar disekolah harus terpadu dengan dunia usaha dan dunia industri sehingga fakultas dapat menghasilkan lulusan yang mampu bekerja pada bidangnya.
Pada tahun pelajaran 2012/2012 Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal merencanakan untuk melaksanakan kunjungan industri untuk menambah pengetehuan dan wawasan bagi mahasiswa /i sesuai dengan program studi yaitu Teknik Mesin S1 dan Teknik Industri S1.
B.     Tujuan
Kunjungan industry ini diharapkan akan memberikan manfaat:
                                i.            Melaksanakan program matakuliah kuliah kerja lapangan, sebagai syarat untuk melaksanakan PKL.
                              ii.            Menambah wawasan tentang dunia kerja yang akan dihadapi.
                            iii.            Menambah ilmu pengetahuan dari hasil pengamatan yang sesuai program studi masing-masing.
                            iv.            Membandingkan pengetahuan dari fakultas dengan praktek di dunia usaha/ dunia industry.
                              v.            Menumbuhkan semangat mahasiswa untuk lebih giat dalam mendalami kompetensi masing-masing program studi.
                            vi.            Mengembangkan ide kreatif  mahasiswa untuk berkarya sesuai bidang ahlinya.
C.     Waktu dan Lokasi KKL
Kegiata  Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan pada :
Hari                 : Rabu
Tanggal           : 6 Juni 2012
Waktu : 09.00 WIB- 12.00
Lokasi :  PT AHM (Astra Honda Motor) Cibitung.
       D.    Persiapan
Persiapan sarana dan prasana di lakukan oleh panitia KKL FT 2012 yang mengakomodir semua kebutuhan serta kegiatan pokok dan kegiatan pendukung pada KKL FT 2012. Panitia KKL FT 2012 adalah Mahasiswa semester 4 Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal yang bekerjasama dengan biro jasa perjalanan.                                                            Persiapan terakhir / sosialisasi terakhir untuk pembekalan dilakukan pada hari Senin 4 Juni 2012, sebagai pembekalan terakhir kepada seluruh peserta KKL FT 2012 untuk mengetahui perlengkapan dan konsep acara pada saat KKL. Peserta adalah Mahasiswa semester 4 Fakultas Teknik Universitas Pancasaakti Tegal, progdi Teknik Mesin S1 dan Teknik Industri S1.


BAB II
PELAKSANAAN KKL
        A.    SEJARAH PT ASTRA HONDA MOTOR
PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
http://www.astra-honda.com/app/webroot/upload/imagebank/image/Gedung%20AHM%201996.jpghttp://www.astra-honda.com/app/webroot/upload/imagebank/image/Gedung%20AHM%201971.jpg           

Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi  Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin  4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.http://www.astra-honda.com/app/webroot/upload/imagebank/image/Honda_C90Z.jpg
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor Hondatahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.                                                                                                             Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.                      Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005. Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 4.4 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk  permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 20 juta pada tahun 2007. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN. Secara dunia pencapaian produksi sepeda motor Honda 20 juta unit adalah yang ke tiga, setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.
Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra Honda Motor  di dukung oleh 1.700 showroom dealer penjualan yang diberi kode H1, 3.600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) dengan kode H2, serta 7.300 gerai suku cadang atau H3, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.                          Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar 19.000 orang, ditambah 146 vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat  memberika kesempatan kerja kepada sekitar 500 ribu orang.            PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.
      

 B.     PROFIL PERUSAHAAN
http://astra-honda.com/app/webroot/upload/imagebank/image/1169009941pic.jpgPertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru, sepeda motor Honda yang sudah lama berada di Indonesia, dengan segala keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis. Menjawab tantangan tersebut, organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia terus memperkuat diri. PT Astra Honda Motor merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin "bandel" dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.                                                                                                               Tidak heran, jika harga jual kembali sepeda motor Honda tetap tinggi. Astra International memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia, berkat jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. Astra juga mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand Honda semakin unggul.
Nama Perusahaan     :           PT AHM (Astra Honda Motor)                                                                                                  Status Perusahaan    :           Perseroan Terbatas
Status investasi          :           ( Penanaman Modal Asing)
      Alamat                        :


1.      Kantor Pusat & Plant 1 (Sunter)                     
Jl. Laksda Yos Sudarso – Sunter I Jakarta Tel. +6221.6518080,     30418080 (Hunting)
 Fax. +6221.6521889, 6518814
Dies & Mould Division
Jl. Pulo Ayang Raya, Blok FF No. 2
Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur
Tel. +6221.4602574-6
Fax. +6221.4608904




2.      Plant 2 (Pegangsaan Dua)
Jl. Raya Pegangsaan Dua KM 22
Kelapa Gading
Jakarta 14250
Tel. +6221.46822510
Fax. +6221.4613640
AHM Training Centre
Jl. Agung Timur IX Blok O1 Kav. 25-26,
Sunter II Jakarta 14350                              Tel. +6221.65308080
Fax. +6221.6510460



3.      Plant 3 (Cikarang Barat)
Jl. Raya Kalimantan Blok AA
Kawasan Industri MM2100
Cikarang Barat, Jawa Barat.                         AHM Parts Centre
Jl. Tipar Inspeksi Cakung Drain
Cakung Barat, Jakarta 13910
Tel. +6221.46835020
Fax. +6221.46835025


                              Tel. +6221.89981818
                              Fax. +6221.8980859
   Jam kerja    :
1.      Kantor  07.30 – 16.30 WIB
2.      Pabrik  Shift 1 : 07.00 – 16.00 WIB
3.      Pabrik Shift 2 :  16.00 ­– 24.00 WIB
4.      Pabrik shift 3 :  24.00 – 07.00 WIB
Tanggal Pendirian    :           11 Juni 1971 sebagai PT Federal Motor
                                                 31 Oktober 2000 merger menjadi PT AHM
Jenis Produk              : 


1.      Sepeda Motor Tipe Cub / Bebek
Honda Absolute Revo 110
Honda Revo Fit
Honda Blade
Honda Supra X 125 R
Honda Supra X 125 PGM-FI
Honda Supra X 125 Helm in
Honda Supra X 125 Helm in PGM FI
Honda Revo AT
                                
2.      Sepeda Motor Tipe Sport
Honda City Sport 1 (CS 1)
Honda New Mega Pro
Honda Tiger
Honda CBR250R
Honda CBR150R
3.      Tipe Skutik
Honda BeAT
Honda Vario CW
Honda Vario Techno 125 PGM FI
Honda Scoopy
Honda PCX
Honda Spacy Helm in
Honda Spacy Helm in PGM FI



Kepemilikan  :           50% PT. Astra International Tbk 50% Honda Motor Co., Ltd
Kapasitas Produksi : Terpasang : 4.400.000 unit/tahun
Referensi Standar  :


a.       JIS (Japan Industrial Standard)
b.      SII (Standar Industri Indonesia)
c.       SNI (Standar Nasional Indonesia)
d.      HES (Honda Engineering Standard)
e.       ISO 9001
f.       ISO 14001
g.      ISO 17025
h.      OHSAS 18001




Aktivitas  :           Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), Manufaktur, Perakitan dan                   Distributor Sepeda Motor HONDA
Jumlah Karyawan : 19.455 orang (Maret 2012)
Jumlah Produksi :


1998 : 286.000 unit
1999 : 288.888 unit
2000 : 488.888 unit
2001 : 940.000 unit
2002 : 1.460.000 unit
2003 : 1.570.000 unit
2004 : 2.037 000 unit
2005 : 2.652 000 unit
2006 : 2.350.000 unit
2007 : 2.138.000 unit
2008 : 2.874.576 unit
2009 : 2.701.278 unit
2010 : 3.416.049 unit
2011 : 4,254,012 unit


                                                                                                                             
         C.    Proses Produksi
1.      Proses Gedung 1
Gedung 1 sebagai tempat assembling ( Perakitan) untuk unit sepeda motor  tipe revo, CS 1, semua Skutik.
2.      Proses Gedung 2
Gedung 2 melaksanakan proses assy engine ( perakitan engine)
3.      Proses Gedung 3
Dalam gedung 3 dilaksanakan proses machining, casting ( pembuatan Blok Mesin)
4.      Proses Gedung 4
Gedung 4 sebagai proses painting ( pengecatan) meliputi painting palstik,( pewarnaan cover body plastic) dan painting steel ( pewarnaan kerangka kendaraan).
5.      Proses Gedung 5
Gedung 5 tempat dilaksanakan proses casting wheel yaitu pembuatan + painting pelek bermerek AHM untuk Tipe revo dan Blade
BAB III



PENUTUP

Allkhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam, penulis dapat menyelesaikan laporan KKL Fakultas Teknik 2012 progdi Teknik Mesin S1. Pada kesempatan ini KKL di lakukan di PT AHM (Astra Honda Motor) Cibitung.           Banyak hal yang menarik dan tak terlupa dalam rangkaian KKL FT 2012, semua itu menjadi pengalaman tersendiri dari penulis. Penulis juga berharap dengan selesainya laporan ini diharapkan dapat digunakan sebagai prasyarat untuk melaksanakan kegiatan PKL FT 2012
        A.    Kesimpulan
1)      Kegiatan KKL di PT Astra Honda Motor disimpulkan sebagai berikut :
2)      Produksi pembuatan sepeda motor terdapat tahap casting, press, proses welding, proses painting dan proses assembling.
3)      PT.Astra Honda Motor adalah merupakan produsen sepeda motor terbesar di Indonesia.
4)      Efektifitas, efisiensi, tanggap terhadap kemauan konsumen serta disiplin adalah salah satu kunci untuk menjadi pengusaha yang besar.
          B.     SARAN
1)      Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) harus tetap diselenggarakan oleh Mahasiswa Fakultas Teknik sebagai panitia dengan dukungan dari fakultas sebagai pembimbing, hal ini bertujuan untuk melatih ketrampilan bermanejemen.
2)      Jangan terfokus pada satu pusat industri karena di luar sana terdapat bermacam-macam lokasi kunjungan industri.
3)      Jadikan Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) sebagai motivasi untuk semangat berkarya mengejar mimpi.